Spiral Bevel Gear Jenis Dan Aplikasi

Dalam kategori ini, ada gigi mahkota, roda gigi bevel, roda gigi bevel koniflex, roda gigi bevel zerol, roda gigi sudut, dan roda gigi mitra. Fungsi utama roda gigi spiral bevel adalah transfer kekuatan antara dua atau lebih poros berpotongan. Poros yang berpotongan memiliki orientasi 90 derajat. Sama seperti roda gigi hypoid dari kategori gigi non-berpotongan dan non-paralel, bevel spiral juga memiliki gigi melengkung dan miring. Permukaan kerucut membentuk dasar gigi gigi. Gigi-gigi bevel standar memiliki formasi lurus. Dengan demikian, gigi sejajar dengan puncak kerucut. Sementara beberapa bevel spiral memiliki pembentukan gigi yang unik, yang lain memiliki formasi yang menyerupai busur. Penting untuk dicatat bahwa penggantian roda gigi ini selalu berpasangan. Ini karena pabrikan mengatur dan memangku gigi kanan dan kiri secara berpasangan.

Bevel spiral tangan kanan memiliki kemiringan setengah gigi luar yang memiliki arah searah jarum jam sehubungan dengan bidang aksial. Gigi bevel spiral tangan kiri, di sisi lain, memiliki kecenderungan setengah gigi bagian luar yang memiliki arah berlawanan arah jarum jam sehubungan dengan bidang aksial. Penting untuk dicatat bahwa roda gigi spiral dan pinion memiliki orientasi yang berlawanan walaupun spiral bevel internal. Spiral bevel gears membantu mengatasi dampak gigi gigi yang cepat atau cepat saat mereka saling berhubungan. Ini adalah masalah umum di antara gigi bevel lurus. Dengan bevel spiral, gigi melengkung membuat kontak secara bertahap, yang secara signifikan mengurangi keausan. Pertunangan gigi spiral sama seperti gigi heliks. Artinya, kontak dimulai pada salah satu ujung sebelum menyebar secara progresif ke seluruh gigi.

Kebanyakan roda gigi spiral mengharuskan porosnya saling tegak lurus satu sama lain selain berada pada bidang yang sama untuk keterlibatan yang sukses. Roda gigi hypoid adalah jenis roda gigi spiral bevel yang memiliki kapasitas untuk bergerak sementara kapaknya berada di bidang yang berbeda. Mereka memiliki bentuk hiperboloid berputar – permukaan nada mereka hiperbolik. Ini berbeda dengan bentuk kerucut roda gigi spiral normal. Pinion gear hipoid off-axis ke ring gear atau roda mahkota. Ini secara efektif meningkatkan area kontak pinion. Ketika mengalami beban, roda gigi hypoid menyampaikan hal yang sama melalui banyak gigi. Di sisi lain, roda gigi bevel memuat satu gigi sekaligus.

Fitur ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam diferensial mobil dan aplikasi transmisi daya lainnya. Kontak ganda mereka saat dilumasi dengan baik sangat sunyi. Aplikasi lain dari gigi spiral bevel termasuk desain akar, fillet gigi, dan geometri permukaan gigi dalam rotorcraft. Namun, aplikasi gigi spiral bevel ini masih melibatkan transfer daya dan gerak. Gearbox tail-rotor dan main-rotor adalah titik aplikasi utama dari gear bevel spiral spiral ini.

Leave a Reply